apa itu bisnis

Posted: 3 Oktober 2011 in Tidak Dikategorikan

Bisnis??, kata yang lazim di dengar oleh seseorang yang ingin memulai usaha atau lebih tepatnya ingin menjadi pengusaha, secara garis kasarnya bisnis dapat dikatakan sebagai proses jual beli, berarti bisnis sangat memerlukan yang namanya penjual dan pembeli. posisi pembisnis itu letaknya pada sang penjual. Untuk lebih jelasnya ada sedikit ulasan tentang bisnis dan penjabarannya.

Definisi Bisnis

Bisnis adalah kegiatan usaha yang terorganisasi untuk menghasilkan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan bertujuan untuk menghasilkan laba yang kemudian laba itu akan digunakan untuk usaha meningkatkan laba atau perusahaan yang lebih besar lagi.

Jenis-jenis Bisnis

1. Badan Usaha / Perusahaan Perseorangan atau Individu

Perusahaan perseorangan adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki tenaga kerja / buruh yang sedikit dan penggunaan alat produksi teknologi sederhana. Contoh perusahaan perseorangan seperti toko kelontong, tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.

2. Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership

Perusahaan persekutuan adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah firma dan persekutuan komanditer alias cv. Untuk mendirikan badan usaha persekutuan membutuhkan izin khusus pada instansi pemerintah yang terkait.

a. Firma

Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.

b. Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap

CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif.

3. Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat

Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.

Elemen Bisnis

Ada 7 elemen kunci yang harus diperhatikan jika ingin menjadi pembisnis handal,

1. Strategis – konten online telah terhubung ke tujuan bisnis Anda dan merek. Menyewa penulis yang mengerti strategi pemasaran, dan bagaimana untuk memberikan salinan yang mengintegrasikan seluruh web, pencarian, sosial dan hubungan masyarakat strategi.
2. Merek – merek Anda adalah jumlah dari pengalaman dan persepsi. Kata-kata, gambar dan tindakan mendefinisikan merek Anda sehari-hari, dan dengan pemasaran inbound, website Anda dan konten mungkin sering berfungsi sebagai kesempatan (dan mungkin hanya) pertama yang membuat kesan. Bisnis copywriting harus menyampaikan pesan merek inti, menceritakan kisah organisasi Anda dan menciptakan persepsi positif yang memotivasi tindakan.
3. Pembeli Fokus Persona -membuat koneksi pribadi dengan pembaca. Salin perlu berbicara langsung dengan personal pembeli, alamat titik rasa sakit mereka dan membawa nilai. Oleh karena itu, copywriter Anda – apakah internal atau outsource – harus memiliki pemahaman yang jelas tentang khalayak sasaran organisasi Anda, dan tahu bagaimana untuk melibatkan mereka.
4. Dioptimalkan untuk Search Engine – konten online harus dibuat untuk pengunjung, tetapi dioptimalkan untuk mesin pencari. Idealnya, bisnis copywriter akan memiliki inti pengetahuan SEO dan kemampuan.
5. Teknis Suara – teknis suara ringkas dan kuat. Menggunakan tata bahasa yang benar dan ditulis pada tingkat membaca yang sesuai. Hal ini juga konsisten secara pribadi, nada suara, dan format. Copywriter membutuhkan keterampilan menulis yang kuat teknis, dan kemampuan untuk menerapkan keterampilan apapun masalah tugas, menengah atau subjek.
6. Kreatif – Jangan pernah meremehkan nilai dari menulis kreatif berkualitas. Sementara banyak elemen lainnya yang telah kita bahas dapat dipelajari, bisnis cerdas penulis kreatif dalam permintaan tinggi dan pasokan langka, dan dapat menjadi aset berharga bagi organisasi Anda.
7. Hasil Didorong –  perlu terikat dengan tujuan organisasi Anda, dan harus memainkan peran kunci dalam memberikan hasil (lead menghasilkan misalnya, mendidik khalayak kunci, posisi sebagai pemimpin industri, dll).

Bisnis TIK

Mungkin alasan utama adanya bisnis yang bergerak di bidang ini adalah pengaruh jumlah penduduk dunia yang sangat besar dan memerlukan akses dimana jarak bukan menjadi kendala dalam berbisnis. Didalam bisnis TIK ada 2 jenis yaitu:

1. barang

     contohnya : penjualan hardware dan software ,dll

2. jasa

     contohnya : e-commerce, rumah produksi software,  entertainment, dll

Keuntungan Berbisnis
1. Otonomi. Pengelolaan yang bebas dan tidak terikat membuat seorang wirausaha menjadi seorang “bos” yang penuh kepuasan.
2. Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi. Peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat memotivasi wirausaha.
3. Kontrol finansial(Pengawasan keuangan).
4. Bebas dalam mengelola keuangan, dan merasa kekayaan sebagai milik sendiri.

Kerugian Berbisnis :
1. Pengorbanan personal. Pada awalnya wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama dan sibuk. Sedikit sekali waktu untuk kepentingan keluarga, rekreasi. Hampir semua waktu dihabiskan untuk kegiatan bisnis.
2. Beban tanggung jawab. Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis, baik pemasaran, keuangan, personil maupun pengadaan dan pelatihan.
3. Kecilnya marjin keuntungan dan kemungkinan gagal. Karena wirausaha menggunakan keuntungan yang kecil dan keuangan milik sendiri, maka marjin laba/keuntungan yang diperoleh akan relatif kecil dan kemungkinan gagal juga ada.

sumber:

http://blog.hubspot.com/blog/tabid/6307/bid/6120/7-Key-Elements-Of-Great-Business-Content.aspx

Apa itu Bisnis???

Tinggalkan komentar